KONSULTASI ONLINE

1,002 Responses to KONSULTASI ONLINE

  • yudhiulla says:

    Siang dokter..
    saya wahyu 25 thn, penis saya sdh disuntik minyak kemiri.
    apakah ada obat yg bisa menormalkannya kembali ?

    • Dr. Nouval Shahab, Sp.U, Ph.D, FICS, FACS says:

      Penyuntikan cairan seperti minyak kemiri, silikon dan lainnya untuk tujuan apapun termasuk membesarkan ukuran penis tidak dianjurkan karena zat yang disuntikkan tersebut dapat mengeras menjadi jaringan parut sehingga justru akan merusak jaringan penis sehingga dapat mengganggu proses ereksi. Jika sudah terjadi hal demikian harus dilakukan pembuangan jaringan parut melalui operasi. Terkadang jaringan parut dapat merusak struktur kulit penis yg normal sehingga kulit penis harus diganti dengan teknik skin graft.

  • nino says:

    Mlm dokter…
    nama saya ino umur saya 27thn. Saya tes sperma namun hasilnya adalah oliterazoospermia..
    tolong jlskan itu apa dan bagaimna cara mngatasinya, trima kasih dokter…

    • Dr. Nouval Shahab, Sp.U, Ph.D, FICS, FACS says:

      Jika hasil sperma oligoteratozoospermia artinya spermanya jumlahnya kurang dari normal dan bentuknya banyak yang abnormal. Jika saat ini sudah menikah lebih dari setahun belum punya anak walau sudah beruhubungan teratur tanpa kontrasepsi dan istri sudah diperiksa normal kemungkinan disebabkan oleh hal ini. Sebaiknya diperiksa oleh spesialis urologi untuk mencari kelainan yg dapat menimbulkan gangguan sperma tersebut yang umumnya cukup sering adalah varikokel (pelebaran pembuluh vena (varices) pada penggantung testis) yang dapat dikoreksi secara pembedahan.

  • Selamat pagi dok,ayah sayah sudah oprasi pelebaran saluran kencing dan msh menggunakan selang pipis di perut,apakah nanti klo slang pipisnya dilepas bisa pipis lg lewat penisnya

    • Dr. Nouval Shahab, Sp.U, Ph.D, FICS, FACS says:

      Selang pada perut bawah yang dipasang hingga ke kandung kemih (sistostomi) dan bertujuan untuk mengeluarkan urin biasa dilakukan jika kateter urin melalui rute normal (urethra) tidak berhasil dipasang oleh karena berbagai kelainan seperti pembesaran prostat, penyempitan saluran urethra dan lainnya. Jika tindakan mengatasi salurannya sudah dilakukan, sistostomi akan dilepas jika dapat berkemih spontan setelah kateter urethranya dilepas. Dalam hal ini sistostomi merupakan pengaman manakala aliran urin terganggu pada selang urethra pasca operasi pelebaran saluran.

  • agus says:

    Dok mau nanya aku sering pipis” terus 1 hari bisa nyampe 14X kalo gk minum juga masih pipis” mulu. Apa lagi kalo minum kaya.na kalo abis minum langsung mau pipis lagi .pipis,na sedikit” dok kaya anyang”an. 1jam bisa 3x . Saya sakit ini udah setahun lebih dok. Pipis.na ngak nyeri. Saya udah minum obat vesicare 10 tapi gk ada perubahan masih pipis” mulu. Itu gimana y dok

    • Dr. Nouval Shahab, Sp.U, Ph.D, FICS, FACS says:

      Masalah yang dialami ini disebut overactive bladder yaitu kontraksi kandung kemih yang hiperaktif sehingga sering berkemih. Seringkali penyebabnya sulit diidentifikasi. Evaluasi melalui pemeriksaan urodinamik / pressure flow study sebaiknya dilakukan untuk mengetahui secara lengkap karakteristik dari kandung kemihnya pada fase pengisian/penampungan urin dan pengeluarannya dengan alat yg terhubung dengan komputer. Jika dengan obat2an tidak respon dapat dilakukan penyuntikan zat melalui teknik endoskopi ke dinding kandung kemih sehingga dapat mengurangi overaktivitas kandung kemih tersebut.

  • Rizna says:

    Dear dokter,

    Saya ingin menanyakan ttg Epididymo Orchitis dengan Orchitis saja, apakah ada perbedaan, lalu bagaimana pengobatannya?

    NB: rasa nyeri sudah hilang, namun hasil USG menunjukan Epididymo Orchitis Sinistra

    Terima kasih

    • Dr. Nouval Shahab, Sp.U, Ph.D, FICS, FACS says:

      Epididimo orchitis dan orchitis berbeda dalam hal jenis organ yang mengalami peradangan. Pada orchitis hanya testis yg meradang sedangkan epididimo orchitis baik testis maupun epididimis (saluran sperma yg berdekatan dengan testis) mengalami radang akibat infeksi. Umumnya saat radang baik testis ataupun epididimis akan membengkak. Pengobatan radang jika dilakukan sedini mungkin dapat mengembalikan ukuran testis seperti semula. Namun jika pengobatan terlambat pada saat testis dan epididimis sudah mengeras ukurannya sulit kembali normal walaupun infeksinya sudah teratasi. Hasil USG akan tetap terlihat struktur testis dan epididimis membesar.

  • ifan says:

    siang dokter..saya mau tanya apa bisa umur 40 thn memperbesar & memperpanjang penis..atau apa masih bisa penis dicangkok dari donor org lain..terima kasih

    • Dr. Nouval Shahab, Sp.U, Ph.D, FICS, FACS says:

      Untuk masalah ini saya tidak dapat memberikan solusi karena secara evidence based (berbasis bukti ilmiah) belum ada metode yang terbukti berhasil seperti yang disampaikan untuk tujuan tersebut.

  • Soni Wahyudi says:

    Selamat malam dokter, nama saya S Wahyudi usia 53 tahun, tlg tanya: Kenapa ya kalau saya habis kecapean kencing saya jadi agak merah alias ada darahnya kadang sampai gumpalan darah. Tapi kalau tidak cape2 kencing saya normal2 saja, bahkan cenderung bening dan tidak berbau. Intinya kalau saya perhatikan kalau sehabis cape aja baru kencingnya bercampur darah.

    • Dr. Nouval Shahab, Sp.U, Ph.D, FICS, FACS says:

      Terimakasih atas pertanyaannya. Kencing kemerahan pada umumnya bisa diklasifikasikan menjadi dua yaitu : tanpa nyeri dan dengan nyeri. Jika disertai nyeri umumnya disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih. Jika tanpa nyeri bisa disebabkan oleh yg utama yaitu tumor pada saluran kemih, termasuk penggunaan obat pengencer darah yang seringkali dipicu oleh aktivitas yang berlebihan. Jika kencing merah tanpa nyeri disertai bekuan darah sebaiknya dilakukan evaluasi dengan pemeriksaan USG untuk mencari kemungkinan penyebabnya.

  • Ali says:

    Selamat sore dokter. Saya ingin tanya, testis sebelah kanan saya membesar dan saya jadi mudah lelah. Menurut dokter apa yang terjadi kepada saya?

    • Dr. Nouval Shahab, Sp.U, Ph.D, FICS, FACS says:

      Pembesaran testis harus disikapi dengan hati-hati karena kalainan yang mendasarinya tidak hanya infeksi atau peradangan namun bisa oleh karena keganasan atau kanker. Pembesaran yang timbul tanpa nyeri serta pada perabaan keras perlu perhatian khusus apalagi jika terjadi pada usia 30-an karena tumor testis seringkali timbul pada usia dewasa muda. Segera periksakan ke dokter spesialis urologi untuk memastikan kelainannya.

Ajukan Pertanyaan / Komentar

Recent Comments